cover
Contact Name
Aprilia Triaristina
Contact Email
aprilia@fkip.unila.ac.id
Phone
+6282175980724
Journal Mail Official
pesagi@fkip.unila.ac.id
Editorial Address
Gedung J FKIP Universitas Lampung, Jalan Prof. Soemantri Brodjonegoro No. 1 Gedong Meneng, Rajabasa, Bandar Lampung 35145
Location
Kota bandar lampung,
Lampung
INDONESIA
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Published by Universitas Lampung
ISSN : -     EISSN : 27458717     DOI : https://doi.org/10.23960/pesagi
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) adalah blind and peer-reviewed journal yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dari disiplin ilmu Pendidikan Sejarah. Artikel-artikel yang dipublikasikan di PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) meliputi hasil penelitian. PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Sejarah Universitas Lampung. PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) menerima manuskrip atau artikel dalam bidang pendidikan sejarah dan sejarah dari berbagai kalangan akademisi.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)" : 10 Documents clear
KONTRIBUSI EKS-GIYGUN DALAM PENJAGA KEAMANAN RAKYAT (PKR) DI LAMPUNG TAHUN 1945 Eka Ratna Sari; Iskandar Syah; Syaiful M
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 2 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (156.812 KB)

Abstract

The purposes of the research are to know the position and the role ex-Giygun on Penjaga Keamanan Rakyat (PKR) in Lampung. The method which used in the research is historical. The conclusions of the research showed that the contribution of the ex-Giygun can be seen in the position and the role on Penjaga Keamanan Rakyat (PKR) in Lampung. The position of the ex-Giygun as a leader. The position made the ex-Giygun participate in defining security policy in Lampung. Knowledge of the Japanese military made the ex-Giygun played the important role in the effort of taking care the security in Lampung in 1945.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kedudukan dan peran eks-Giygun dalam Penjaga Keamanan Rakyat (PKR) di Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode historis. Kesimpulan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kontribusi para eks-Giygun dapat dicermati dari kedudukan dan perannya dalam Penjaga Keamanan Rakyat (PKR) di Lampung. Kedudukan para eks-Giygun adalah sebagai pemimpin. Kedudukan tersebut menjadikan para eks-Giygun turut dalam menentukan kebijakan keamanan di Lampung. Pengetahuan kemiliteran dari Jepang menjadikan para eks-Giygun turut berperan penting dalam usaha menjaga keamanan di Lampung tahun 1945.Kata kunci: eks-giygun, kedudukan, penjaga keamanan rakyat (pkr), peran
PENGARUH MEDIA PRESENTASI PREZI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH Mardiansyah Mardiansyah; Syaiful M; Muhammad Basri
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 2 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (228.976 KB)

Abstract

This research was conducted in SMA Negeri 13 Bandar Lampung with the aim to know a positive and signiticant influence of Prezi presentations media. The methodology used in this research was experiments with Post-test only control group design. Data was collected with the test in the form of multiple choice questions. Then, the collected data was processed manually by using the formula Eta Corelation. The results of data analysis shows that there is a positive and signiticant influence of Prezi presentations media to the results on Studend learning outcome of class XI in History lesson.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 13 Bandar Lampung dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan media presentasi Prezi. Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan desain Post-test only control group. Pengumpulan data dilakukan dengan tes berupa soal pilihan ganda. Data yang telah terkumpul selanjutnya diolah secara manual menggunakan rumus Korelasi Eta. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan media presentasi Prezi terhadap hasil belajar siswa Kelas XI IPA pada Mata Pelajaran Sejarah.Kata kunci : hasil, prezi, sejarah
TINJAUAN HISTORIS PENAKLUKAN KONSTANTINOPEL OLEH MEHMET II AL-FATIH TAHUN 1453 Yulian Eko Fernandez; Wakidi Wakidi; Syaiful M
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 2 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (70.831 KB)

Abstract

The purpose of this research was to find out Mehmet II al-Fatih effort to conquer Konstantinopel in military sector in 1453. The method used in this research was historical method. The data collection technique using the techniques of literature and technical documentation, while data analysis techniques using qualitative data analysis techniques. The result of this research showed that Mehmet II al-Fatih effort to conquer Konstantinopel in military sector in 1453 that was, preparation of weapon and navy, transference Utsmani warships through land road, create tunnel strategy, create moving tower from timber strategy.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Usaha yang dilakukan oleh Mehmet II al-Fatih untuk menaklukkan Konstantinopel dalam bidang militer tahun 1453. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Historis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik kepustakaan dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa usaha yang dilakukan oleh Mehmet II al-Fatih untuk menaklukkan Konstantinopel dalam bidang militer tahun 1453 yaitu, persiapan senjata dan angkatan laut, pemindahan kapal-kapal perang Utsmani melalui jalan darat, strategi membuat terowongan, strategi membuat menara bergerak dari kayu. Kata kunci: konstantinopel, penaklukan, usaha mehmet al-fatih
USAHA KONGREGASI FSGM DALAM PENYEBARAN AGAMA KATOLIK DI PAROKI PRINGSEWU TAHUN 1932-1942 Agustinus Dani Yogianto; Syaiful M; Yustina Sri Ekwandari
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 2 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (73.512 KB)

Abstract

The purpose of this study to determine Enterprises Congregation FSGM in the spread of Catholicism in the Parish Pringsewu years 1932-1942. The method used in this research is the method of Historical. The data collection technique is a technique of bibliography, documentation, observation and interviews, while data analysis techniques using qualitative data analysis techniques. Results from this research that businesses Congregation FSGM the spread of Catholicism, namely, efforts in the health sector by opening clinics and mobile health services, Enterprises in the field of education by opening schools St. Beda School and involved in schools belong to the Dutch colonial government.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Usaha Kongregasi FSGM dalam Penyebaran Agama Katolik di Paroki Pringsewu tahun 1932-1942. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Historis. Teknik pengumpulan data adalah teknik kepustakaan, dokumentasi, observasi dan wawancara, sedangkan teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif. Kesimpulan dari penelitian tentang Usaha Kongregasi FSGM dalam Penyebaran Agama Katolik yaitu, Bidang kesehatan: membuka klinik dan pelayanan kesehatan keliling, Bidang pendidikan dengan membuka sekolah St. Beda School dan terlibat dalam sekolah milik pemerintah kolonial Belanda.Kata kunci: agama katolik, penyebaran, usaha kongregasi fsgm
HUBUNGAN ANTARA HASIL TES IQ (INTELLIGENCE QUOTIENT) DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA Anis Fitriana; Ali Imron; Suparman Arif
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 2 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.536 KB)

Abstract

The purpose of this researchis to determine the correlation of Intelligence Quotient test outcome and students learning achievement in X IPS class of SMA N 1 Way Jepara. The methodology used in this research was non-experiment quantitative methodology and correlation analysis as the formula. Based on the results of the research with the value x2calculated (4,01)?2(0,05)(3) and it can be concluded that there was not correlation of Intelligence Quotient test outcome and students learning achievement. The relationship formed between the result of intelligence quotient test with learning achievement was low relationship but surely.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui keeratan hubungan antara hasil tes IQ dengan prestasi belajar siswa kelas X IPS di SMA N 1 Way Jepara. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kuntitatif non-eksperimen dan pendekatan analisis statistikya menggunakan analisis korelasional. Berdasarkan hasil penelitian dengan nilai ?2hitung (4,01) ?2(0,05)(3) dan dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang erat antara hasil tes IQ dengan prestasi belajar siswa. Hubungan yang terbentuk antara hasil tes IQ dengan prestasi belajar yakni hubungan yang rendah atau lemah tapi pasti.Kata kunci: hasil tes iq, hubungan, prestasi belajar
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH Muhammad Ilham; Ali Imron; Wakidi Wakidi
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 2 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (478.493 KB)

Abstract

The objectives of this research were to find out the positive and significant influence of Student Teams Achievement Division (STAD) learning model towards students history learning interest class X SMAN 1 Sekincau West Lampung.The methodology that used in this research was experimental method with post-test only control group design. Samples of students in this study amounted to 80, 40 students in control class and 40 student belong to experiment class. The data collected with history learning interest questioners. Then, the collected data was processed manually by using theta formula (?) and kai quadrate formula (?2), the result was 0.44 for the coefficient theta which consulted with coefficient table include influence enough level, and the significant level 11.16 5.991 that mean STAD learning model had positive and significant influence towards students history learning interest.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap minat belajar sejarah siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sekincau Lampung Barat. Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan desain post-test only control group. Sampel siswa dalam penelitian ini berjumlah 80, 40 siswa dalam kelas Kontrol dan 40 termasuk ke dalam kelas ekperimen. Alat pengumpul data adalah angket belajar sejarah siswa. Data yang telah terkumpul selanjutnya diolah secara manual dengan rumus koefesien tetha (?)dan kai kuadrat (?2), dengan hasil 0.44 untuk koefisien theta yang dikonsultasikan dengan tabel koefisien termasuk dalam taraf cukup berpengaruh, dan taraf signifikan sebesar 11.165.991 yang berarti model pembelajaran STAD memiliki pengaruh yang positive dan signifikan terhadap minat belajar sejarah siswa.Kata kunci: minat, sejarah, stad w:LatentStyles DefLockedState="false" DefUnhideWhenUsed="true" DefSemiHidden="true" DefQFormat="false"
PENGARUH MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA Muhammad Kadafi; Wakidi Wakidi; Syaiful M
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 2 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (428.633 KB)

Abstract

This research is aimed at finding out the positive and significant influence of Student Teams Achievement Division learning model towards students motivation in learning IPS of the eighth grade at Junior High School Muhammadiyah 1 Metro City in the academic year of 2015/2016. This research is descriptive quantitative research. Theta and Chi Square were used to analyze the data. The result of the research demonstrated that there was positive influence with coefficient correlation value 0.5225 which meant that the influence was in modest level and could be interpreted that the more Student Teams Achievement Division learning model was used, the better students motivation of IPS was. Then, the obtained significant value was 7.295 which meant that Student Teams Achievement Division learning model was dependable and reliable to increase IPS students motivation.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan model pembelajaran Student Teams Achievement Division terhadap motivasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Kota Metro Tahun Ajaran 2015/2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Teknik analisis data menggunakan uji theta dan kai kuadrat. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh yang positif dengan nilai koefisien korelasinya sebesar 0,5225 yang memiliki arti cukup berarti atau sedang dengan interpretasi semakin sering model Student Teams Achievement Division digunakan, maka motivasi belajar IPS siswa akan semakin baik dan nilai signifikan yang diperoleh adalah sebesar 7,295 sehingga dapat diartikan model pembelajaran Student Teams Achievement Division dapat dipercaya dan dihandalkan untuk meningkatkan motivasi belajar IPS siswa.Kata kunci : belajar, motivasi, student teams achievement division
PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE BERKIRIM SALAM DAN SOAL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SEJARAH Ody Iqbal; Syaiful M; Muhammad Basri
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 2 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (391.228 KB)

Abstract

This research was conducted in SMA Negeri 1 Gunung Sugih with the objective to find out there is an effect or no in cooperative learning technique "exchanging greeting type question" at the students' motivation of history lesson. The method which used is experimental research method with the postest only control group design. The data collecting tehnique was used by observation and questionnaire. The data which had been collected then was treated manually by using correlation theta formula. The result of data analysis showed that there is an effect in cooperative learning technique "exchanging greeting type question" at the students' motivation of history lesson.Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Gunung Sugih dengan tujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh teknik pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal terhadap motivasi belajar sejarah siswa. Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen dengan desain Postest Only Control Group. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan Angket. Data yang telah terkumpul selanjutnya diolah secara manual menggunakan rumus korelasi Theta. Hasil analisis data menunjukkan bahwa ada pengaruh teknik pembelajaran kooperatif tipe berkirim salam dan soal terhadap motivasi belajar sejarah siswa.Kata kunci : berkirim salam dan soal, motivasi, sejarah
USAHA JEPANG DALAM PENYELESAIAN KONFRONTASI INDONESIA-MALAYSIA TAHUN 1963-1966 Adi Sanjaya; Syaiful M; Yustina Sri Ekwandari
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 2 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (87.206 KB)

Abstract

The purpose of this study to determine the Japan Business in Indonesia-Malaysia Confrontation Settlement Year 1963-1966. The method used in this research is the method of Historical. The data collection technique is a technique of literature and documentation, while using qualitative data analysis techniques. Results from this study that the Japanese effort in the completion of the Indonesia-Malaysia confrontation, namely, Japan as a mediator in the settlement of the Indonesia-Malaysia confrontation, Japan formed a group of four countries in the settlement commission Indonesia-Malaysia Confrontation, Japan help the Indonesian economy by giving loans and investments, and delay repayment Indonesia to Japan.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Usaha Jepang dalam Penyelesaian Konfrontasi Indonesia-Malaysia Tahun 1963-1966. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Historis. Teknik pengumpulan data adalah teknik kepustakaan dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data menggunakan kualitatif.Hasil dari penelitian ini bahwa usaha Jepang dalam penyelesaian Konfrontasi Indonesia-Malaysia yaitu, Jepang sebagai mediator dalam penyelesaian Konfrontasi Indonesia-Malaysia, Jepang membentuk kelompok komisi empat negara dalam penyelesaian Konfrontasi Indonesia-Malaysia, Jepang membantu perekonomian Indonesia dengan memberikan pinjaman kredit dan investasi serta menunda pembayaran hutang Indonesia terhadap Jepang.Kata kunci: mediator, penyelesaian konfrontasi, usaha jepang
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BRAINSTORMING DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH Dani Frengki Simanjuntak; Wakidi Wakidi; Yustina Sri Ekwandari
PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 2 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah)
Publisher : FKIP UNIVERSITAS LAMPUNG

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (437.907 KB)

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of positive and significant Brainstorming by medium visual as a medium of learning the history of the cognitive achievement of students in class X in SMA Negeri 1 Sukoharjo. The method used is the type of experimental research methods Posttest-Only Control Group Design. Based on the analysis of quantitative data using the formula Eta obtained yield was 0,44 so there is a significant positive effect, by calculating the average posttest with a test formula F obtained yield was 10,73 significant meaning, since F count F table = 4,08.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan Brainstorming dengan media visual pada pembelajaran sejarah terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas X di SMA Negeri 1 Sukoharjo.Metode yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen tipe Posttest-Only Control Group Design. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dengan menggunakan rumus Eta diperoleh hasil sebesar 0,44 jadi ada pengaruh positif yang cukup berarti, dengan menghitung rata-rata Posttest dengan rumus uji F diperoleh hasil sebesar 10,73 artinya signifikan, karena Fhitung Ftabel = 4,08.Kata kunci: brainstorming, media visual, pengaruh

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 8, No 1 (2020): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 9, No 2 (2021): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 9, No 1 (2021): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 8, No 2 (2020): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 7 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 6 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 5 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 4 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 3 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 2 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 7, No 1 (2019): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 6, No 5 (2018): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 6, No 4 (2018): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 6, No 3 (2018): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 6, No 2 (2018): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 6, No 1 (2018): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 9 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 8 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 7 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 6 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 5 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 4 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 3 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 2 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 5, No 1 (2017): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 4, No 3 (2016): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 4, No 2 (2016): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 4, No 1 (2016): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 6 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 5 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 4 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 3 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 2 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 3, No 1 (2015): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 6 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 5 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 4 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 3 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 2 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 2, No 1 (2014): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 6 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 5 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 4 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 3 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 2 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) Vol 1, No 1 (2013): PESAGI (Jurnal Pendidikan dan Penelitian Sejarah) More Issue